MODEL PEMBELAJARAN DOMINO

Oleh:

Hisbullah

Pembelajaran pada dasarnya kolaborasi antara guru dan peserta didik dalam sebuah kelas. Pembelajaran yang baik diharapkan bercirikan student center, bukan teacher center. Pembelajaran yang mengarah pada student center tidak terlepas dari penggunaan suatu model dalam pembelajaran. Model pembelajaran dimaksudkan agar siswa lebih antusias dalam proses belajar mengajar.

Di banyak kelas pada tingkat MI/SD biasax kita dapatkan siswa yang tidak antusias dalam pembelajaran. Jika kita bertanya kepada mereka alasannya maka akan didapatkan jawaban gurunya tidak asik, gurunya ceramah terus, belum mengerti sudah diberi tugas, dan sebagainya.

Usia MI/SD pada dasarnya senang dengan permainan sehingga diharapkan guru dalam mengajar menggunakan sebuah metode atau model pembelajaran yang menyenangkan.

Salah satunya adalah model pembelajaran domino. Model pembelajaran ini tidak asing bagi kita karena prakteknya seperti bermain domino, dimana dalam model pembelajaran ini menggunakan media domino sebagai media pembelajarannya. Namun yang membedakannya adalah isi bagian depan tulisan diganti dengan pertanyaan dan jawaban, yang nantinya akan berantai seperti permainan domino pada umumnya.

Adapun langkah-langkah model pembelajaran domino sebagai berikut:

  1. Guru memberi pengantar materi yang akan diajarkan.
  2. Guru melakukan tanya-jawab dengan siswa untuk mengetes pemahaman materi yang diberikan.
  3. Guru membentuk beberapa kelompok yang beranggotakan jumlah genap, kemudian masing-masing 2 orang dari tiap kelompok akan bergabung dengan salah satu kolompok yang ada sehingga jumlahnya menjadi empat orang.
  4. Guru membagikan domino kepada masing-masing kelompok yang akan bertanding.
  5. Nilai dari masing-masing anggota kelompok akan diakumulasi, dan pertandingan boleh dengan sistem kompetisi.
  6. Setelah pertandingan selesai guru akan mengumumkan point tertinggi dari masing-masing kelompok, dan kelompok yang menang akan mendapatkan penghargaan dari guru.

Jika  ini dilaksanakan dengan perencanaan yang baik akan membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa. Selain itu keunggulan dari model pembelajaran domino ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran.

#semogabermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: