SUPER HERO

Oleh:

Hisbullah

Jika membahas tentang super hero pasti yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah superman, batman, avenger, ultranman, dan sebagainya. Super hero identik dengan kepahlawanan seseorang dalam menumpas kejahatan. Namun yang akan kita bahas adalah super hero dalam dunia pendidikan.

Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan pastilah kita pahami bahwa super hero yang dimaksud adalah guru. Guru pahlawan yang penuh dengan jasa. Mengapa demikian?

Ada istilah yang selalu kita dengar bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sebenarnya ini adalah istilah yang masih keliru, karena tanda jasa seorang guru adalah ilmu/pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, mau kemana dan bagaimana masa depan anak dilukiskan dibangku persekolahan dengan seorang guru.

Anak yang tidak tahu sesuatu kemudian dibangku persekolahan dipoles dengan bantuan seorang guru, sehingga menjadi manusia seutuhnya dan tahu apa-apa. Jika dikaitkan dengan sebuah profesi maka tidak ada satu profesi pun yang tidak dilatar belakangi oleh campur tangan seorang guru.

Mari kita menoleh ke tahun-tahun sebelum 90-an, guru di masa itu menyandang gelar “tuan guru”, kata itu sejajar dengan orang-orang yang terpandang dan orang yang paling disegani. Memang pantaslah guru menyandang gelar tuan, karena guru pada saat itu multi talent dan memiliki budi pekerti yang baik, lisan dan perbuatannya sejalan seiya sekata.

Wajarlah pada jaman sekarang orang tua kita selalu mengagung-agungkan seorang guru, karena pada jamannya profesi guru dirasakan kemuliaannya di tengah masyarakat. Bukan ahli hukum tapi bisa menyesaikan perselisihan, bukan ahli politik tapi bisa menata sosial masyarakat, bukan ahli geologi tapi pemikirannya menentukan musim tanam bagi petani. Jadi sangat pantaslah jika kita mengatakan bahwa guru adalah super hero.

Sehingga, bukan lagi “guru pahlawan tanpa tanda jasa”, tetapi “guru adalah pahlawan yang penuh dengan jasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: