TEMU ALUMNI PGMI FTIK IAIN PALOPO 2018

Tema: Mengabdi dengan ikhlas, ukhuwah tanpa batas..

Pada hari Sabtu tanggal 27 Januari 2018, pukul 10.00 Wita , bertempat diruang prodi PGMI FTIK IAIN Palopo, dilakukan kegiatan Temu Alumni. Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Prodi, Sekteraris Prodi, para dosen PGMI IAIN Palopo. Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah pembentukan Divisi dalam Kepengurusan Ikatan Alumni, pembahasan program kerja, bentuk sumbangsi alumni, dan validasi kurikulum yang dilakukan bersama alumni. Langkah tersebut dilakukan guna bersinergi antara alumni dan unsur prodi dalam mengembangkan diri. Sinergisitas yang dimaksud dapat berupa program kerja antara alumni dengan program studi. Selain itu, penguatan kurikulum dengan senantiasa melakukan evaluasi kepada semua pihak terkait termasuk alumni. Karena pihak alumni merupakan penguna lapis pertama yang dianggap dapat lebih kompatibel dalam memberikan masukan.

Dalam pertemuan itu Hamsah, S.Pd. dan Harlina MB, S.Pd. yang telah terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris IKA PGMI FTIK IAIN Palopo tahun 2018, selanjutnya membentuk tiga divisi/bidang kerja, yaitu divisi Humas, devisi Pengembangan Keilmuan, dan divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Ketiga divisi tersebut setelah dikonsultasikan dengan pihak prodi, dianggap representatif dalam mewadahi para alumni. Berdasarkan informasi yang diperoleh tim redaksi dari pihal pengusus IKA Alumni PGMI bahwa Divisi Humas, memiliki tugas dan fungsi kordinasi baik antara alumni maupun program studi. Devisi Pengembangan Keilmuan diperuntukkan agar para alumni tidak ketinggalan zaman dan perlu terus menambah serta memperbaharui keilmuan yang dimiliki. divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia diperuntukkan agara para alumni dapat mengembangkan diri ke hal yang lebih baik.

Pada pembahasan program kerja IKA Alumni PGMI disetiap divisinya dirumuskan secara paralel untuk diplenokan pada agenda berikutnya. Kebijakan tersebut dilakukan karena para alumni telah tersebar dibergai tempat kerja yang telah jauh dari kampus ia dibesarkan. Menurut ketua prodi PGMI Dr. Edhy Rustan, M.Pd. meskipun pengurus perlu usaha dalam menyatukan alumni, namun perlu bersyukur, karena para alumni telah tertampung dalam institusi tempat kerja. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “sekarang jaman telah berubah sarana pendukung telah siap, sehingga kordinasi antar alumni dapat lebih mudah.” Meskipun pembahasan program kerja dilakukan secara paralel, namun ketua dan sekretaris sempat membahas bentuk sumbangsi yang dapat diberikan alumni.

Dalam kegiatan penutupan ketua prodi berpesan agar alumni tetap menjaga nama baik almamater. Tunjukkan bahwa alumni PGMI IAIN Palopo lebih unggul, Ingat motto kita bersama waktu kuliah “PGMI lebih baik, Lebih baik PGMI.” Keunggulan tersebut tentu dari ketiga pilar yang kita usung bersama yaitu keagamaan, kearifan lokal, serta penguasaan saintek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: