PGMI IAIN Palopo Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

PGMI IAIN Palopo membuka pendaftaran penerimaan Calon Mahasiswa Baru bagi siswa-siswi yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

Dr. Edhy Rustan, M.Pd. dalam wawancara sore Senin 29 Januari 2018 menyampaikan bahwa, hari ini secara serentak di seluruh Indonesia, UIN/IAIN/STAIN yang berada di bawah naungan Kementerian Agama telah dibuka. Pembukaan SPAN PTKIN  oleh Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melaunching penyelenggaraan Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) di Auditorium H. M. Rasjidi, Gedung Kemenag Jakarta.

Ketua Prodi PGMI IAIN Palopo ini juga menyampaikan bahwa SPAN-UM PTKIN ini dilaksanakan  serentak secara nasional dan tidak dipungut biaya alias GRATIS. Beliau optimis para peminat Prodi PGMI IAIN Palopo akan lebih baik dari tahun sebelumnya. “Tahun lalu pendaftar PGMI IAIN Palopo sebanyak kurang lebih 150 orang, namun yang diterima hanya 120 orang saja. tentunya bagi adik-adik peminat prodi PGMI IAIN Palopo harus cepat-cepat mendaftar bila ingin kebagian kursi..” jawabnya.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

untuk info lebih lanjut mengenai SPAN PTKIN khususnya yang ingin mendaftar di Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dapat langsung menghubungi KONTAK PGMI IAIN PALOPO atau silahkan mengakses langsung pada laman web SPAN-UM PTKIN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: