Jawab Kegelisahan Akademik, Prodi PGMI Adakan Bimtek KTI Berbasis Reseacrh and Development Bagi Mahasiswa

PALOPO Prodi PGMI resmi mengadakan BIMTEK KTI Berbasis Research & Development pada Sabtu (7/04/ 2018) untuk menjawab kegelisahan akademik yang santer terhembus belakangan ini.

Pada kegiatan pernyamaan persepsi dosen yang diadakan di Ruang Prodi PGMI, Jumat (6/04/ 2018) bahwa para dosen termasuk Kaprodi PGMI sepakat untuk membuat kebijakan baru terkait tugas akhir mahasiswa atau skripsi. Melalui kegiatan tersebut, Kaprodi PGMI Edhy Rustan mengurai pentingnya menjawab kegelisahan akademik yang saat ini terus berkembang di kalangan dosen dan mahasiswa.

“banyaknya temuan terutama plagiarisme dan rekayasa yang sangat kentara pada skripsi mahasiswa membuat kita harus cepat bertindak”, pungkas Edhy Rustan. Pada kesempatan yang berbeda, Kamis (5/04/ 2018) kepada tim jurnalistik PGMI beliau juga banyak membeberkan fenomena penelitian PTK yang saat ini menjadi penciri penelitian Mahasiswa PGMI yang tidak lagi dapat merepresentasikan keilmuan karena terlalu sederhana dan mengada-ada.

Lantas, menindaklanjuti hal tersebut, para dosen PGMI dan mahasiswa mengadakan BIMTEK KTI Berbasis Research & Development pada Sabtu (7/04/ 2018) di Gedung Aula Serba Guna IAIN PALOPO. Pada acara tersebut, tampak hadir Kaprodi PGMI selaku pembuat kebijakan pada tataran prodi untuk membuka sekaligus memberi pengantar acara, dosen Metodologi Penelitian yaitu Bapak Dr. Andi Aji Guna, M.Pd., dan dosen KTI yakni Bapak Subhan, M.Pd. yang bertugas menyampaikan format dan teknis pelaksanaan Research & Development secara terperinci kepada ratusan mahasiswa yang hadir pada saat itu.

Acara tersebut akhirnya berakhir pada sore harinya Sabtu (7/04/ 2018) sekitar pukul 17.00 WITA waktu setempat. Di akhir sesi, sontak sejumlah mahasiswa mengucapkan terimaksih atas diadakannya acara tersebut karena membantu mereka dalam memahami penelitian Research & Development lebih mendalam dan komprehensif. (Sh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: